Breaking News

Prof. Satori: Warisan Islam Sejak Dahulu Adalah Kelembutan dan Kasih Sayang

JAKARTA - Warisan Islam sejak dahulu adalah kelembutan dan kasih sayang sesama manusia demikian dikatakan oleh Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), Prof. Dr. KH. Ahmad Satori Ismail.

"Sejak dulu warisan Islam itu adalah kelembutan dan kasih sayang sesama manusia. Salah satu contoh, Islam menyuruh umatnya berdakwah secara hikmat dan memberi nasihat dengan cara yang baik dan lembut. Bahkan untuk setiap masalah yang terjadi, Islam menyarankan dilakukan dialog yang baik dengan tidak menyakiti siapapun," tutur Prof. Dr. KH. Ahmad Satori Ismail, Jumat (15/4/2016).

Menurutnya, Islam yang indah, lembut dan damai itu selalu diajarkan Nabi Besar Muhammad SAW. Bahkan saat terjadi perang, juga diajarkan untuk menghormati musuh dan tidak boleh menyakiti anak-anak, wanita, dan orang tua.

Semua itu adalah cerminan bahwa cara-cara kekerasan itu bukan Islam, apalagi tindakan itu menimbulkan korban jiwa.

"Jadi tidak ada hubungannya antara Islam dan dengan aksi-aksi terorisme yang terjadi akhir-akhir ini. Mereka tidak paham makna sebenarnya Islam yang mengajarkan kelembutan, kedamaian dan rahmatan lil alamin. Itulah inti ajaran Islam," jelas KH Ahmad Satori Ismail.

Untuk itu, ia mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk memperkuat pemahaman tentang makna Islam yang sebenarnya. Itu bisa dilakukan dengan belajar dari ulama, baik itu melalui pesantren ataupun melalui lembaga pendidikan yang ada, terutama buat generasi muda.

Tidak ada komentar